Rabu, 04 Februari 2015

Low light, low cost, low maintenance Aquascape


Untuk yang baru saja memulai aquascape, terkadang banyak yang bingung tentang hobi baru ini. Karena keterbatasan dana untuk memulai setup, dan peralatan lengkap yang menguras dana di dompet. Seperti tabung co2, system filtrasi, lampu spek tinggi dan banyak lagi. Tentu saja peralatan seperti digunakan oleh banyak aquascaper yang berkelas nasional dan bahkan internasional. Kalau memang dana berlebih, dan sudah mempunyai konsep yang jelas sih "it's okey wae...". Tetapi apabila baru saja memulai dan ingin mengenal lebih jauh tentang aquascape,  alangkah baiknya dana yang dipergunakan di hobi ini sedikit terkontrol.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa dalam setup aquascape pertama, yang perlu diperhatikan adalah "Konsep". Apabila kita sudah memilih konsep yang bisa disesuaikan dengan budget, maka ini adalah pilihan pertama.  Aquascape dengan tema low-light juga menjadi banyak pilihan para aquascaper nasional dan dunia dalam banyak karya mereka. Dan juga dengan penataan profesional mereka, hasilnya terlihat sangat baik untuk dikagumi.

Low light disini adalah mengacu pada kondisi lampu di aquarium kita. Dengan aturan 1.5 watt - 2 watt per gallon ( atau dalam satuan metric 0.3 watt - 0.4 watt per liter). Perhitungan volume aquarium Adalah (Panjang x Lebar x Tinggi) dibagi dengan 1000 akan ketemu volume dengan satuan Liter. Dengan pilihan lampu ini otomatis akan lebih menghemat energi. Dan bila ada dana lebih, silahkan menggunakan lampu led yang perhitungan nya cukup setengah nya lagi dari hitungan diatas.

Co2 adalah salah satu hal yang penting dalam pertumbuhan tanaman selain cahaya. Tetapi, untuk tanaman low light, co2 yang dikonsumsi oleh tanaman tersebut sangat sedikit ( tetap membutuhkan). Apabila dalam set up belum siap dana untuk berinvestasi peralatan co2 set, hal ini pun bisa diakali. Yaitu dengan pergantian air di aquarium dengan rutin, misal seminggu sekali. Tanaman tanaman jenis ini berfotosintesis dengan cahaya yang minim dan otomatis mengambil co2 yang sedikit dalam prosesnya. Jadi, tanpa Inject co2 pun tanaman tetap dapat hidup, walaupun perkembangannya tidak sepesat dengan Inject co2.

Dalam aquascape low light, pemilihan tanaman adalah hal yang penting. Butuh banyak referensi dari spesifikasi tanaman yang cocok untuk ditempatkan di Aquarium minim cahaya ini. Dan yang perlu digaris bawahi, tidak semua tanaman aquascape bisa ditanam dan tumbuh dengan baik di aquascape dengan gaya ini. Maka pada pilihannya adalah, kita harus cermat dalam mengenali kebutuhan dari setiap tanaman yang akan dipergunakan. Memang, dalam keterbatasan pemilihan tanaman adalah hal yang dirasa menghambat kreativitas kita. Tetapi mengingat dana yang terbatas, maka ini adalah pilihan yang masuk akal. Tanaman yang cocok ditempatkan di aquascape gaya ini adalah seperti jenis Fern, Moss, Keluarga Annubias dan sebagian Echinodorus ( untuk list tanaman akan saya sertakan dibawah).

Dengan pilihan tema low-light, ada plus minusnya juga. Dan ini bisa menjadi pertimbangan dalam set up aquascape dirumah anda.

Minus:
1. Tanaman slow-growing, membutuhkan waktu yang lama untuk dapat rimbun
2. Pilihan tanaman terbatas
3. Untuk jenis tanaman ini, terkadang harga diatas rata rata, dikarenakan panen dari petani juga terbatas, sedangkan permintaan tinggi

Plus:
1. Tidak perlu sering trimming, kalau pun terlalu lebat dan perlu trimming, hasil trimming bisa dijual lagi atau untuk setup aquascape baru ( bayangkan anda trimming Annubias??)
2. Bisa dengan watt rendah hemat listrik
3. Bisa tanpa co2 Inject
4. Aman untuk diisi ikan jenis Discus, Chichlid, Predator dll.

List tanaman low light:

Fern:
Java Fern - Microsorum pteropus
Windelov Fern - Microsorum pteropus 'Windelov'
Narrow Leaf Java Fern - Microsorum pteropus v. 'narrow leaf'
Philippine Java Fern - Microsorum pteropus 'Philippine'
Red Java fern - Microsorum pteropus "red"
African Water Fern - Bolbitis heudelotii

Moss :
Java Moss - Taxiphyllum Barbieri
Pelia - Monosolenium tenerum
Christmas moss - Vesicularia dubyana

Cryptocoryne :
Crypt Wendtii - Cryptocoryne wendtii
Crypt Balansae - Cryptocoryne Balansae
Pygmy Crypt - Cryptocoryne pygmaea
Crypt retrospiralis - Cryptocoryne retrospiralis
Crypt spiralis - Cryptocoryne spiralis
Crypt Becketii - Cryptcoryne becketii
Crypt Aponogetifolia - Cryptocoryne aponogetifolia
Micro Crypt - Cryptocoryne petchii Tropica

Annubias :
Anubias barteri v. barteri
Anubias barteri 'marble'
Anubias nana
Coffee leaf anubias - Anubias barteri v. 'coffeefolia'
Golden nana - Anubias barteri v. 'nana golden'
Narrow leaf nana - Anubias barteriv. 'nana narrow leaf'
Petite nana - Anubias barteri v. nana 'petite'

Hygrophila:
Green Hygro - Hygrophila polysperma
Hygro - Hygrophila polysperma 'Rosanervig'
Ceylon Hygro - Hygrophila polysperma 'Ceylon'

Rotala :
Rotala Rotundifolia - Rotala rotundifolia sp. Green -Rotala rotundifolia sp. 'Green'
Rotala Indica - Rotala indica

Echinodorus :
Echinodorus parviflorus 'Tropica'
Echinodorus Tenellus

Others:
Parrots Feather - Myriophyllum aquaticum
Hydrocotyle leucocephala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar