Sabtu, 10 Januari 2015

Memulai Hobi Aquascape

Banyak aquascaper pemula bingung untuk memulai aquascape nya. Akhirnya, malah jadi cepat bosan dengan hasil yang sudah jadi. Atau yang lebih parah, meninggalkan hobi aquascape ini.

Contohnya seperti saya dulu, tanpa ada pengarahan, saya beli tanaman sebanyak banyaknya, sistem yg mantap.... Akhirnya jadi hutan.... Tidak enak untuk dinikmati. Akhirnya malah rescape lagi.

Nah, supaya tidak jadi seperti saya, makanya saya ngajak mas bro sekalian untuk memperhatikan hal hal sepele sebelum memulai aquascape nya.

Hal yang paling mendasar adalah dana ( seberapa banyak budget untuk aquascape),  kemudian tentukan tema aquascape ( kalau perlu tempelkan aquascape karya aquascaper ternama yg pingin agan tiru di wallpaper komputer), dan yang tidak kalah penting adalah pengetahuan tentang spesifikasi spesies tanaman yang akan mas bro tanam.

Oke, kita mulai dari rancangan awal pada dana. Kalau dana untuk budget aquascape masbro terbatas, yang perlu diperhatikan adalah besar aquarium aquascape, makin besar makin banyak dana yang digelontorkan untuk setting aquascape. Sebagai contoh, masbro perlu pupuk dasar dengan ketebalan 1cm yang akan ditutupi soil yang akan jadi tempat bercocok tanam. Belum lagi kebutuhan filter, lampu, tanaman, fauna dll. Untuk pemula saya sarankan untuk memulai dengan Aquarium yang tidak terlalu besar. Walaupun sebenarnya aquarium yang besar lebih mudah untuk mature, tetapi Aquarium ukuran sedang (50x30x30) juga bisa cepat mature apabila dirawat dengan benar.

Selanjutnya adalah tema, dan ini banyak berkaitan dengan pemilihan tanaman nantinya.
Untuk pemula, bisa dipilih untuk aquascape dengan tema natural, jungle style , dan lainnya. Untuk tema natural dan jungle bisa mencontoh seperti ekosistem di danau dan sungai berair jernih. Pemilihan jenis tanaman bisa dipilih seperti jenis tanaman Fern (Microsorum pteropus, Bolbitis heudelotii) , keluarga Vallasneria,  keluarga Aponogeton, keluarga Anubias, jenis lumut lumutan( moss) dll. Jenis tanaman ini butuh intensitas cahaya low-medium, jadi untuk jenis lampu dan biaya listrik juga lebih murah.
Bagi yang experienced, dan mempunyai dana berlebih bisa mencoba tanaman yang menantang seperti Hemianthus callitrichoides "cuba" untuk dikarpetkan. Simple dalam tatapan mata kita, seperti kebanyakan tema Iwagumi dari kakek Takashi Amano, ternyata tidak simple dalam peralatan nya. Banyak perhitungan dan pertimbangan lainnya dalam pemilihan, penempatan, dan tentu perawatannya. Jadi jangan tertipu dengan ke simple an Iwagumi mas bro... Harus kita ketahui dulu tentang spek aquascape itu secara mendalam.

Dan yang perlu untuk diperhatikan lagi adalah pengenalan jenis sifat tanaman untuk tank aquascape mas bro. Jangan sampai tanam cuba di low light dan tanpa co2. Sayang uangnya, karena pasti tidak bisa tumbuh ngarpet seperti di foto foto karya aquascaper ternama. Harus dipahami dulu apa yang akan mau ditanam, cobalah browsing dan ngobrol dengan sesama penghobi aquascape. Jangan sampai keliru dalam pemilihan tanaman.

Aquascape adalah meniru ekosistem di alam yang kita buat di rumah. Dan kuncinya adalah "keseimbangan". Dari lightning, pemilihan tanaman, pemilihan fauna, dan peralatan penunjang.

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar